Model Environmental Learning
Pengertian
Model Environmental Learning
Model environmental
learning merupakan model pembelajaran berbasis lingkungan yang dikembangkan
agar siswa memperoleh pengalaman lebih berkaitan dengan lingkungan sekitar. Ali
(2010:26) menyatakan bahwa, “Model environmental
learning adalah model pembelajaran yang mengedepankan pengalaman siswa
dalam hubungannya dengan alam sekitar, sehingga siswa dapat dengan mudah
memahami isi materi yang disampaikan”. Artinya, model pembelajaran environmental learning ditujukan agar
siswa dapat memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Model environmental
learning digunakan dengan tujuan agar siwa dapat dengan mudah berinteraksi
dengan bahan pelajaran yang telah disusun dan disesuaikan dengan model
pembelajaran. Bahan pembelajaran yang disajikan kepada siswa disusun dengan
melibatkan lingkungan sekitar. Artinya, pembelajaran bisa dilakukan tidak hanya
di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas dengan tujuan agar siswa lebih nyaman
dan aktif dalam proses pembelajaran.
Model pembelajaran berbasis lingkungan ini menerapkan sistem permainan dan belajar di luar kelas. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam model environmental learning yaitu isi dan prosedur pembelajaran harus sesuai dengan lingkungan pembelajar, pengetahuan yang diberikan harus memberikan jalan keluar dalam menanggapi lingkungan.
Model pembelajaran berbasis lingkungan ini menerapkan sistem permainan dan belajar di luar kelas. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam model environmental learning yaitu isi dan prosedur pembelajaran harus sesuai dengan lingkungan pembelajar, pengetahuan yang diberikan harus memberikan jalan keluar dalam menanggapi lingkungan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat penulis simpulkan
bahwa model environmental learning
merupakan model pembelajaran berbasis lingkungan yang bertujuan agar siswa
dapat memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Penggunaan model pembelajaran
ini dapat dilakukan dengan sistem belajar di luar kelas agar siswa memiliki
pengalaman lebih dan proses pembelajaran bisa menyenangkan.
Langkah-langkah
Penggunaan Model Environmental Learning
Dalam suatu kegiatan pembelajaran, langkah-langkah
yang terdapat dalam model pembelajaran yang ditentukan sangat berpengaruh
terhadap jalannya proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memahami
langkah-langkah pembelajaran dengan baik. Adapun langkah-langkah model environmental learning adalah sebagai
berikut.
1.
Guru
mengamati kebutuhan lingkungan pembelajar.
2.
Guru
menyusun tema dan materi ajar sesuai dengan lingkungan pembelajar.
3.
Siswa
diminta untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan lingkungan tempat mereka
tinggal secara singkat
4.
Siswa
dan guru bersama-sama melakukan kegiatan belajar-mengajar di luar kelas.
5.
Siswa
menyimak materi ajar yang disampaikan guru.
6.
Guru
menyelipkan masalah-masalah lingkungan dalam bahan ajar yang disampaikan.
7.
Guru
dan siswa mengajak siswa untuk merenungkan kelalaian mereka terhadap
lingkungan.
8.
Siswa
melaksanakan tes.
9.
Siswa
dan guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran. (Ali, 2010:30)
Berdasar pada uraian di atas, dapat dikatakan bahwa
penggunaan model environmental learning
disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan pembelajar. Pada dasarnya, susunan dan
langkah-langkah yang dilaksanakan hampir sama dengan model konvensional, hanya
saja dalam model ini guru harus melibatkan materi tentang lingkungan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat penulis simpulkan
bahwa model environmental learning
merupakan model pembelajaran yang berbasis lingkungan dengan langkah-langkah
pembelajaran yang meliputi, penyusunan tema ajar dengan lingkungan, membahas
masalah yang berkaitan dengan lingkungan, memberikan tes, dan evaluasi
pembelajaran. Bila langkah-langkah tersebut dilaksanakan maka siswa akan
memiliki pengalaman yang lebih terhadap lingkungan.
Kelebihan
dan Kekurangan Model Environmental
Learning
Setiap model pembelajaran pasti memiliki kelebihan
dan kelamahan yang berbeda. Hal tersebut diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan
siswa dan kesiapan guru. Adapun yang menjadi kelebihan penggunaan model environmental learning adalah siswa
tidak bosan dengan apa yang dipelajari, siswa mendapatkan pengetahuan dan
pemahaman dengan cara mengamati sendiri, dan menumbuhkan kecintaan siswa
terhadap lingkungan” (Ali, 2010:34). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
dengan model environmental learning siswa akan lebih memahami dirinya sendiri
dan lingkungannya. Selain itu, siswa juga akan memliki kecintaan terhadap
lingkungan sekitar mereka.
Selain memiliki kelebihan, model environmental learning juga memiliki
kelemahan. Ali (2010:34) mengungkapkan bahwa, “Kelemahan environmental learning di antaranya yaitu membutuhkan tenaga yang
lebih, dan hanya dapat digunakan dalam beberapa materi pembelajaran”. Tenaga
lebih yang dimaksud yaitu keahlian guru dalam menyusun tema materi pembelajaran
yang harus disesuaikan dengan lingkungan belajar siswa.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa
model environmental learning memiliki
kelebihan yaitu siswa dapat memahami dirinya sendiri, dan menumbuhkan kecintaan
siswa terhadap lingkungan mereka sendiri. Sedangkan kelemahannya, guru
disulitkan dengan cara menentukan materi pembelajaran yang harus sesuai dengan
lingkungkan siswa.